Ternyata Ini Alasan Hacker Lebih Suka Gunakan Linux

Gambar; getintopc
Linux merupakan sistem operasi dukungan Open Source, yang dihadirkan oleh tim tertentu secara gratis, dan lebih mendominasi dari pada sistem operasi lain. Linux sebelumnya merupakan perkembangan perangkat lunak bernama Unix. Berbagai jenis keistimewaan pada Linux, kerap membuat setiap user lebih memilihnya sebagai sistem operasi utama dari pada Windows. Selain tanpa harus bayar untuk menggunakannya, Linux juga memiliki kekuatan dengan fleksibilitas sistem keamanan yang tinggi. Bahkan hal ini kerap membuat semua kalangan hacker cenderung suka untuk menggunakannya.

Seorang yang berkemampuan untuk melakukan hack, pasti lebih mengutamakan sistem keamanan yang digunakannya. Karena selain menjaga diri dari serangan balik, penggunaan sistem operasi yang nyaman akan membantunya melakukan aktivitas di atas ambang batas standar. 

Lalu, apa alasan hacker menggunakan sistem operasi Linux ini ?

1. Memiliki Sistem Keamanan Lebih Kuat
Jika dibanding sistem operasi seperti Windows, Linux memiliki sistem keamanan yang lebih terjamin, terutama dari serangan Virus dan Malware. Hal tersebut terjadi karena penggunaan Windows memiliki persentase lebih tinggi dari pada Linux. Sehingga menjadi sebuah peluang bagi para pencipta virus, guna mendapatkan keuntungan. Yaitu dengan cara membuat sebuah virus yang diinjakkan ke dalam sistem Windows.

2. Open Source
Open Source memiliki arti sumber terbuka dalam istilah Indonesia. Suatu program yang memiliki sumber terbuka, berarti program atau sistem operasi tersebut dibentuk oleh pengembang yang tidak terkoordinasi oleh lembaga tertentu. Para Programmer bekerja sama memanfaatkan kode sumber yang tersebar bebas melalui internet, untuk membangun sebuah program yang bebas dan bisa kita nikmati secara gratis.

3. Tidak Perlu Driver
Sangat berbeda jauh dengan sistem operasi berbasis Windows. Sistem operasi Linux mudah support dari Hardware yang tersedia pada laptop kita. Hal ini tentu menjadi sebuah keberuntungan bagi kita jika menggunakan Linux sebagai sistem operasi utama yang ramah. Ini juga termasuk salah satu alasan dari para hacker, untuk lebih memilih menggunakan Linux.

4. Tidak Ada Pengaruh jika Hard Disk Penuh
Keuntungan pengguna Linux jika hard disk yang digunakan memiliki kapasitas penuh, atau bahkan tidak menyisakan ruang sedikit pun, Maka Linux akan tetap bekerja secara maksimal tanpa mengurangi pengaruh apapun. Baik dari segi kinerja maupun saat proses berlangsung.

5. Pemeliharaan Sistem Lebih Mudah
Bisa dibilang pemeliharaan Linux lebih mudah dari pada sistem operasi lainnya. Hampir keseluruhan hacker menggunakan Linux ini sebagai sarana untuk melakukan hack, karena ketersediaannya dalam menjaga sistem lebih mudah. Tidak perlu melakukan Tune up dan membersihkan temporary untuk mendapatkan hasil kinerja maksimal.

6. Command Line Interface ( C L I )
CLI merupakan salah satu menu khusus pada Linux dan tidak dimiliki oleh Windows atau Mac. CLI berperan menjadi sebuah program antarmuka, yang dapat berinteraksi antara komputer dan pengguna, yaitu dengan menggunakan perintah script tertentu. CLI dapat dioperasikan dengan spesifikasi komputer rendah, sehingga membuatnya tidak mudah Crash atu Error.
7. Keramahan Jaringan
Memang pada dasarnya hacker melakukan tugas dengan cara menerobos masuk ke dalam jaringan komputer target. Sudah menjadi pilihan tepat bila para hacker menggunakan Linux, yang sudah didukung dengan puluhan fitur untuk keperluan hacking.

8. Instal Mudah
Tak hanya memiliki beberapa Tolls hebat untuk melakukan peretasan. Linux dapat melakukan sistem instalasi dengan mudah dan cepat, Sama halnya seperti menginstall aplikasi pada Windows. Sedangkan untuk perangkat Utility lainnya, Linux menyediakan pasar aplikasi gratis, yang pastinya juga aman saat menggunakan / menginstal Utility tersebut.
Ditulis Oleh : Adi. K / Arbamedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel