7 Aplikasi Downloader Terbaik dan Populer Digunakan

Gambar: alternativeto.net
Jumlah penikmat akses internet memang semakin banyak dari tahun ke tahun. Karena dengan online mampu mengubah jalan pikiran untuk mencari sesuatu yang lebih bermanfaat. Selain itu internet juga tidak membatasi bagi siapa saja yang ingin mengakses atau mengunggah dokumen dalam bentuk apapun. Banyak sekali para pemburu game, film, dan musik yang ingin mengunduh dan menikmatinya secara offline. Tentu beruntung sekali jika kita menggunakan akses internet dengan sebaik – baiknya, sehingga mendapatkan sebuah file atau film secara gratis. Sebab itulah kini angka downloader di setiap wilayah semakin membludak.

Setiap user ketika sedang mendownload sebuah file berukuran besar maupun kecil, pasti akan menggantungkan terhadap kecepatan akses internet yang digunakannya. Karena jika kecepatan koneksi internet lambat, maka otomatis kecepatan download pun akan sangat lemah pula. Sehingga permasalahan itu membuat progamer semakin berpartisipasi untuk membantu mempercepat akses download tersebut. Dimana tidak sedikit aplikasi downloader yang disuguhkan dalam berbagai jenis versi, supaya para penikmat internet tidak merasa kecewa. Paling tidak aplikasi ini akan meminimalisir proses download file terputus di tengah jalan.

Di bawah ini adalah beberapa aplikasi downloader terbaik yang paling banyak digunakan :

1. Orbit Downloader
Tentu sudah banyak pertimbangan jika seseorang enggan mendownload sebuah aplikasi dowloader. Tapi Orbit merupakan sebuah aplikasi downloader yang memiliki umur lebih tua dibandingkan dengan lainnya. Berbagai menu pilihan untuk pengaturan download sudah disediakan. Meski fiturnya terbilang sama, namun pada orbit downloader tetap memiliki keunggulan tersendiri. Sehingga tidak salah jika aplikasi ini masih banyak diminati oleh kalangan user yang suka mendownload sebuah file. 

2. UTorrent
Aplikasi torrent merupakan sebuah downloader sedikit lebih rumit. Tapi itu semua kembali ke penggunanya masing-masing. Jika kita sering menggunakan torrent dalam mendownload sebuah file, tentu akan terasa lebih mudah. Kelebihan torrent memiliki kualitas download yang lebih terjaga, terlebih jika kita mengalami risiko gagal untuk mendownload atau download terputus di tengah jalan. Karena torrent dilengkapi dengan tools otomatis untuk memperbarui file yang kita download . Sehingga jika koneksi internet sedang lemah, tools ini akan otomatis menunda download file yang berlangsung. Dan jika koneksi kembali lancar juga akan kembali me-resume file yang kita download tersebut. Dengan begitu risiko gagal download akan segera teratasi.

3. FDM
Free Download Manager memang sebuah aplikasi berbasis open source, sehingga kita gratis untuk menggunakannya. Software ini dikenal sangat aman digunakan, dan juga dapat mendownload file hingga seratus persen lebih cepat. Jika dibandingkan dengan IDM tentu lebih unggul IDM, terlebih pada versi berbayarnya yang mampu melakukan download dengan kecepatan maksimal. 

4. FlashGet
Flash Get Downloader merupakan aplikasi download manager yang memiliki sistem kerja dengan cara MHT, atau Multi Server Hyper Threading Transportation. Flashget juga termasuk salah satu program terintegrasi dengan browser, sehingga kita akan lebih mudah dalam pengoperasiannya. Sistem daya penggunaan aplikasi ini sangat rendah, sehingga tidak mengganggu kinerja komputer kita saat beraktivitas. Selain itu teknik MHT dan Optimasi aritmetika, menjadikan aplikasi FlashGet dapat mendownload file –hingga kecepatan enam sampai sepuluh kali lipat.

5. Download Accelerator Plus
Banyak dikenal dengan singkatan DAP. Merupakan aplikasi dikeluarkan oleh perusahaan SpeedBit yang memiliki kecepatan download hingga 250kbps. DAP mampu beroperasi dengan ringan dan sangat disupport oleh Mozilla firefox.  Tapi kekurangan aplikasi ini, salah satunya yaitu banyak situs-situs online yang kurang mendukung jika filenya didownload melalui aplikasi ini.

6. Internet Download Manager
IDM menjadi aplikasi terpopuler, memiliki kecepatan download yang tinggi. Baru-baru ini terdengar, bahwa aplikasi ini memiliki rating tinggi karena jumlah penggunanya paling banyak. IDM dapat kita beli dengan harga berkisar $29.47, dari situ kita sudah bisa menikmati segala fitur yang terdapat di dalamnya.

7. aTube Catcher
aTube Catcher salah satu aplikasi downloader memiliki banyak perbedaan. Mereka memungkinkan user dapat mendownload vidio yang bermuatan konten tak seperti umumnya, jadi dalam penggunaannya pun juga harus diperhatikan. Kelebihan fitur aTube Catcher juga menyediakan sarana untuk memutar vidio secara Online, dengan menambahkan URL playlist vidio yang tersedia pada web.
Ditulis Oleh: Arbamedia  / Adi. K

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel