Cara Aman dan Jitu Sembunyikan Folder untuk Data Penting Anda

Gambar: inwepo
Sering kali kita menerapkan Hidden Folder namun hasilnya masih kurang maksimal. Berulang kali dicoba tapi tetap belum berhasil. Dari situ tentu kita merasa enggan untuk menerapkan Hidden pada folder yang sembunyikan bukan..?, Nah di sini kita tidak perlu khawatir lagi, karena permasalahan itu sudah dapat diatasi dengan mudah.

Dalam sebuah sistem komputer / laptop pasti memiliki jendela Command Prompt.  Mereka menjadi perintah dasar komputer yang dapat kita jalankan, dengan memasukkan perintah tertentu. Fasilitas ini berhubungan langsung dengan sistem komputer, jika kita salah memasukkan sebuah perintah maka Command Prompt akan menghimbau bahwa perintah tersebut adalah salah. Manfaat dari menu satu ini sangatlah banyak sekali, salah satunya dapat digunakan untuk menyembunyikan folder. Bahkan bisa dikatakan lebih akurat / aman dari menu aplikasi Hidden File lainnya.

Untuk menjalankannya sangat mudah, ikuti saja panduan di bawah ini :

1. Buka Command Prompt pada Windows Kalian 
Command Prompt tersedia di semua windows, dan ini merupakan aplikasi penting yang dihadirkan oleh Microsoft untuk pengguna windows. Untuk membukanya kita hanya perlu menekan pada keyboard tombol Windows + R, nantinya akan terbuka jendela utama menuju ke RUN, setelah itu ketikkan tulisan CMD dan jendela akan terbuka.
2. Setelah Command Prompt Terbuka, Masukkan Perintah untuk Menyembunyikan Folder
Pada tahap kali ini masukkanlah perintah "attrib +s +h D:/artikel", attrib  +s  +h Merupakan perintah dasar dari Command Prompt, yang berguna untuk menyembunyikan sebuah file atau folder dari directory yang ada.

Lalu untuk akhiran D/:artikel menunjukkan bahwa folder ‘artikel’ yang terletak pada directory ‘D’ akan kita sembunyikan. Hal ini juga dapat dilakukan pada folder yang memiliki nama dengan dua susunan kata yang mengandung spasi. Masukkan perintah yang sama beserta nama folder yang memiliki spasi, lalu tambahkan dua tanda petik sebelum Directory dan sesudah nama folder seperti ini, "attrib +s +h “D:/uji coba"
3. Menampilkan Folder yang Sudah Kita Sembunyikan
Jika kita ingin menampilkan folder yang sudah disembunyikan tadi, kita dapat memasukkan perintah dengan mengubah dua bagian dari digit tertentu. Untuk perintahnya sama, cuma pada langkah ini hanya mengubah tanda + menjadi –.( lihat gambar )

Setelah itu tekan Enter, maka folder yang sebelumnya hilang akan muncul pada directory yang ada. Selamat mencoba semoga langkah ini bisa bermanfaat.
Ditulis Oleh : Arbamedia  /  Adi. K

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel