6 Jenis RAM Terbaik Untuk Perangkat Komputer Gaming

Gambar: hothardware
Memilih RAM sebelum membangun komputer haruslah diperhatikan kualitasnya. Ketika berbicara tentang merakit sebuah komputer, tentunya akan terlintas dalam benak pikiran kita mengenai setiap komponen hardware yang akan diburu. Tentunya demikian itu berdasarkan kualitas dan budget yang kita miliki. Jika budget-nya mumpuni, tentu saja akan memilih beberapa spesifikasi komputer paling baik, sehingga nyaman untuk digunakan. Selain Processor, ternyata RAM juga sangat berpengaruh terhadap kinerja kecepatan komputer. Bukan hanya itu, perkembangan zaman modern telah membuat peminat komputer desktop tidak kalah banyak, dibandingkan dengan pengguna laptop. Karena komputer desktop sekarang ini diketahui memiliki kualitas komponen jauh lebih tangguh dan awet digunakan. Sesuai dengan daya / kemampuan komputer desktop, maka teknologi modern ini juga mampu bekerja lebih maksimal -terutama dalam menjalankan aplikasi berat seperti game online, desain grafis maupun sejenisnya.

Kali ini kita akan membahas tentang beberapa jenis RAM komputer yang perlu diterapkan ketika merakit komputer gaming. Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya perhatikan dulu mengenai jenis RAM yang baik tersebut. Apalagi kalian yang suka bermain game dengan kualitas Graphic High Definition, pasti akan lebih bersikeras untuk memiliki jenis RAM berkualitas bukan…?. Ternyata RAM sendiri juga memiliki beberapa tingkatan -mulai dari DDR2, DDR3, bahkan DDR4. 

Dari semua level RAM, tentunya akan berpengaruh sekali terhadap kinerja Motherboard yang digunakan. Tapi juga perlu dimengerti bahwa pada setiap levelnya, akan disuguhkan jenis – jenis RAM dengan harga bervarian. Jadi, agar mendapatkan RAM yang cocok untuk komputer gaming serta menghindarkannya dari masalah sering ‘’ hang ‘’ / blue screen, sebaiknya ketahui terlebih dahulu setiap jenis RAM yang bagus.

Berikut jenis - jenis RAM terbaik untuk memanjakan komputer Gamer :

1. Corsair
Jenis RAM dari Negara China ini pastinya sudah banyak dikenal di kalangan pecinta gamers. Selain RAM, perusahaan Corsair juga memproduksi beberapa jenis periperal komputer -seperti SSD, Power Supply maupun Computer Case. Menengok masalah harganya juga bisa terbilang terjangkau. Karena itulah Corsair juga sudah banyak digunakan di PC modifikasi. Selain itu, tampilannya pun cukup menarik serta juga memiliki daya akses maksimal.

2. Apacer
Gambar: hardwarezone
Apacer, salah satu jenis merek RAM yang jarang terdengar di pasaran. Perusahaan Apacer memiliki umur 26 tahun lebih, dan pernah menjadi perusahaan yang memproduksi RAM dengan kualitas terbaik di dunia pada tahun 2013. Beberapa penghargaan yang diperolehnya tak lain dari Station Thailand, HWM Indonesia, dan OC Drift dari Malaysia. Didesain dengan memiliki Head-Sink tersendiri, membuatnya berciri khas bentuk yang mudah sekali dikenali. Sampai saat ini pengguna RAM jenis Apacer ini melambung tinggi nomor dua setelah produk dari Kingston. Oleh karena itu, jika kita ingin membangun PC gaming atau untuk studio, setidaknya perlu mempertimbangkannya.

3. Kingston 
Telah dikenal banyak orang bahwa produk Kingston juga memiliki kualitas mumpuni. Selain desainnya dinamis, classic, perusahaan tersebut kini juga semakin maju di kalangannya. Kingston merupakan salah satu perusahaan tertua di Amerika Serikat. Bahkan, mereka juga memproduksi Periperal Computer yang berhubungan dengan media penyimpanan, seperti SSD, MMC, dan Flashdisk. Kingston sendiri mengeluarkan seri RAM yang banyak dikenal di kalangan pecinta gamers, yaitu Kingston Hyperx Fury.

4. G.SKILL
G.Skill merupakan merek dari perusahaan asal Taiwan yang memproduksi RAM. Berdiri sejak tahun 1989, dengan memproduksi paling sedikit ribuan keping RAM dalam setiap bulannya. Usia tua yang dimilikinya juga mampu menunjukkan, bahwa perusahaan RAM ini telah berkembang pesat dari tahun ke tahun hingga sekarang. Oleh karena itu tak usah lagi ragu untuk menggunakan RAM jenis ini.

5. TEAM ELITE
Jenis RAM berikutnya yakni Team Elite, merupakan salah satu produsen RAM yang memiliki harga ekonomis. Meskipun memiliki harga murah, namun kualitas RAM yang dihasilkannya juga tidak kalah dengan lainnya. Nah, bagi kalian jika ingin membangun sebuah PC Gaming / Komputer Gaming dengan dana terbatas, tak perlu cemas dan khawatir karena RAM merek Team Elite cukup membantu menghemat anggaran Anda. Selain itu performa yang dihasilkan juga cukup memuaskan.

6. OCz
Nama ini terdengar asing di telinga, namun perlu Anda ketahui bahwa jenis RAM merek OCz ternyata juga masuk ke dalam list Best Memori terbaik di Dunia. Oleh karena itu, tingkat ketangguhannya dari segi performa sudah dapat dipercaya. Perusahaan OCz berdiri sejak 17 tahun silam, mereka memastikan kepada seluruh karyawan perusahaannya untuk memberikan kualitas terbaik, serta memuaskan bagi pelanggan. Tentu Anda juga tertarik bukan jika menggunakan jenis RAM satu ini ?. Nah, selanjutnya saatnya menentukan pilihan jenis RAM komputer gaming, sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.
Ditulis Oleh: Arbamedia  /  Adi. K

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel