4 Kehebatan Kabel Fiber Optik dibanding Kabel Tembaga

Gambar: ecmag
Memang sudah sering terucap di kalangan pengguna internet, Fiber Optik atau kabel terbuat dari serat kaca memiliki bentuk hampir sama dengan kabel tembaga pada umumnya, yang mana digunakan untuk aliran listrik. Namun pada kabel fiber telah dirancang khusus untuk menghantarkan sebuah sinyal internet dengan kecepatan transfer lebih tinggi dari kabel tembaga. Kabel serat kaca pertama kali didemonstrasikan oleh Jepang pada September 2012. Diketahui bahwa satu kabel serat kaca dengan panjang 50 Kilometer, mampu melakukan transfer data hingga 10 15 bit per second. Karena itu teknologi yang maju sekarang lebih memilih untuk menggunakannya sebagai akses data.

Kabel serat kaca memiliki beberapa lapisan, salah satu fungsinya untuk mengamankan serat kaca dalam kabel, dilapisi dengan Kelongsong dan lapisan inti. Sementara lapisan Kelongsong sendiri dilengkapi Polimer Akrilat, gunanya untuk menjaga kabel dari kerusakan yang tidak berkontribusi pada gelombang optiknya. Selain itu, kabel serat juga dilengkapi oleh beberapa selubung pelindung yang memiliki ketebalan tertentu. Selubung ini nantinya akan berguna menjaga serat optik dari tekanan atau konstruksi kerja saat instalasi kabel berlangsung.

Lalu apa keunggulan kabel Fiber Optik jika tidak menggunakan tembaga untuk aliran data ?

1. Terbuat dari Serat kaca
Seperti namanya Fiber Optik atau kabel Serat Kaca, memang terbuat dari bahan dasar kaca dengan melalui beberapa proses khusus, sehingga dapat menghantarkan cahaya dari ujung ke ujung yang lain. Kabel fiber optik sengaja dibangun dengan berbagai jenis lapisan, sehingga akan memperkecil kemungkinan terjadi keretakan atau putus saat menggulungnya. Selain berbahan dasar kaca, kualitas kabel ini juga sangat baik, karena pembuatannya berdasarkan teknologi baru yang mumpuni.

2. Kualitas Tinggi
Untuk menyesuaikan dengan kualitas yang baik, produsen kabel fiber tentu mengelompokkan beberapa jenis kabel yang bersifat konduktif dan non-konduktif. Alhasil, penggunaan kabel out door dan indoornya jelas memiliki tipe berbeda. Terdapatnya beberapa lapisan khusus pada kabel fiber optik, memiliki fungsi yang baik dalam menjaga ketangguhan dan kekuatan kabel saat mengalami perenggangan, terutama disebabkan oleh udara panas dan dingin.

3. Jangkauan Lebih luas
Kabel fiber optik tentu memiliki jangkauan lebih luas dan panjang, dibandingkan dengan kabel tembaga yang kita gunakan saat ini. Mengapa bisa begitu..? Karena serat kaca di dalamnya mampu menghantarkan cahaya dari ujung kabel ke ujung yang lain, yakni dengan kecepatan kilat cahaya seperti yang kita lihat. Tak hanya itu, kabel fiber juga sudah tidak menggunakan aliran listrik untuk menghubungkan satu dengan yang lainnya.

4. Kecepatan Transfer Lebih Tinggi
Kabel serat kaca ini memiliki kecepatan transfer paling tinggi dari seluruh kabel yang ada. Karena teknologi sinyal yang dihasilkan terbentuk dari sebuah cahaya. Sehingga tidak salah kalau fiber optik mempunyai kecepatan daya transfer bak kecepatan cahaya kaca, hanya dengan sekejap mampu mengirim data sampai tujuan. 

Telah dilakukan pengujian pada ruangan hampa dengan menggunakan indeks bias kaca. Hasil uji coba tersebut menunjukkan, bahwa kecepatannya mampu menembus 180.000 hingga 200.000 Km per second, dengan menghasilkan 5.5 Mikro detik per Kilometer-nya. Pastinya hal tersebut sangat luar biasa bukan..? Maka dari situlah hingga saat ini kabel serat kaca banyak diproduksi serta digunakan di pasaran, yaitu dengan istilah kabel Fiber Optik.
Ditulis Oleh : Arbamedia  /  Adi. K

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel