Pilih Laptop atau Komputer PC ? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Gambar: akshatblog
Laptop atau Komputer termasuk jenis perangkat multimedia yang dapat digunakan oleh setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Saat pertama kali Komputer dirancang, Komputer hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja. Namun kini para ilmuwan sudah memodifikasinya, sehingga mampu digunakan sebagai hiburan, bahkan untuk keperluan lain seperti belajar, bekerja, hingga melakukan transaksi Online. 

Perangkat ini memang sudah dikembangkan menjadi dua jenis, yaitu Komputer Jinjing atau Laptop dan Komputer PC, keduanya tentu memiliki beberapa perbedaan. Personal Komputer atau PC memang didesain khusus untuk keperluan kerja yang berat, dan juga dapat menyala dalam waktu yang terbilang lama. 

Jika dibandingkan Laptop, Komputer PC memang memiliki beberapa kelebihan, di antaranya :
Gambar: technews

1. Lebih Awet Dibandingkan Laptop
Mengapa demikian…? Hal tersebut memanglah benar, Karena setiap Komputer baik itu Laptop maupun PC pasti dilengkapi dengan komponen yang disebut dengan Chip dan Processor. Chipset atau Processor memiliki tugas penting dalam Central Processing Unit ‘CPU’, sehingga komponen ini mudah menjadi panas, begitu juga halnya dengan Laptop. Pada CPU Komputer memang sengaja didesain dengan rongga ruangan yang lebih luas, agar sirkulasi udara yang dihasilkan oleh Fan Exhaust dan Intake berjalan dengan stabil. Sehingga membuat temperatur Chipset lebih awet dan terjaga.

2. Lebih Mudah Upgrade Hardware
Upgrade Hardware atau mengganti perangkat keras dengan yang baru agar memperoleh spesifikasi lebih tinggi, sudah biasa dilakukan oleh semua ahli Komputer. Di dalam CPU ada banyak komponen yang mudah diganti, misalnya : Power Supply, Random Acces Memory, Hard Disk dan Processor. Ke empat Hardware tersebut sangat mudah didapatkan di Service Center. Karena CPU ini masih menggunakan teknologi manual, sehingga dapat dengan mudah kita memodifikasi sendiri di rumah, tanpa ada peralatan khusus. Tetapi tentunya harus mengikuti buku panduan yang tersedia.

3. Sirkulasi Udara Lebih Luas
Setiap Casing CPU memiliki desain berbeda-beda. Mulai dari berbentuk polos tidak terdapat lubang, sampai ada yang terdapat banyak lubang-lubang kecil di tempat tertentu. Fungsi dari diberikannya lubang, yakni agar aliran udara keluar-masuk pada CPU lebih lancar. Dengan begitu sirkulasi udara di dalam CPU akan lebih terkondisikan.

4. Tidak Perlu Susah Payah Untuk Membersihkan Heatsink dari Debu
Membersihkan Heatsink dari debu memang sangat penting guna menstabilkan suhu pada Processor. Fungsi Heatsink sendiri yaitu untuk menyalurkan panas dari Processor naik ke atas, dan udara panas akan keluar bersama angin yang dikeluarkan oleh kipas Heatsink.

Selain kelebihan tersebut, ternyata Komputer PC juga memiliki beberapa kekurangan, berikut ulasannya :

1. Daya Listrik Terlalu Banyak
Selain monitor, ternyata CPU juga memiliki daya yang besar. Bahkan lebih besar dari pada TV tabung dan lemari es. Daya yang dibutuhkan untuk konsumsi CPU berkisar minimal 480 watt sampai dengan 1000 watt, tergantung jenis CPU yang kita miliki.

2. Mati Mendadak Jika Listrik Rumah Kurang Stabil
Beda jauh dengan Laptop, Komputer PC memang banyak digunakan sebagai Server kasir, administrasi, dan juga Server kantor lainnya. Selain memiliki umur yang lebih panjang, ternyata Komputer PC juga dapat berumur pendek jika aliran listrik kurang stabil. Akhirnya mengakibatkan Komputer sering kali mati mendadak.

3. Masih Membutuhkan Perangkat Tambahan Jika Digunakan Untuk Aktivitas Lain
Semua orang tentunya juga sudah mengerti, bahwa Komputer PC hanya didesain sebagai perangkat keras untuk keperluan Server. Namun dari segi fasilitas terkadang dirancang tanpa perangkat tambahan, seperti Speaker, Wireles, Bluetooth dan Kamera. Sehingga jika kita ingin memiliki fasilitas tersebut, maka harus menambahkannya sendiri.

Sekarang saatnya menilik kembali mengenai kelebihan pada Laptop, simak ulasannya :
Gambar: harveynorman

1. Mudah Dibawa
Desain mini dan berat terbatas, pastinya menjadikan Laptop banyak diburu oleh kalangan pelajar, terutama para mahasiswa dan anak sekolah. Kegunaannya sangat membantu penyelesaian tugas yang bersifat sementara, layaknya tugas yang banyak dan juga waktu yang kurang memadai. Kita bisa memilih Laptop sebagai bantuan untuk mengerjakan tugas di manapun kita berada, sehingga waktu jam kerja dapat dimanfaatkan dengan optimal. 

2. Memiliki Daya Lebih Kecil
Semua komponen Hardware dalam Laptop memang sengaja didesain lebih kecil, supaya mudah dibawa ke mana saja. Begitu juga masalah konsumsi listrik yang dibutuhkannya pun cenderung lebih sedikit, sehingga cukup menggunakan bantuan baterai sudah dapat dinyalakan.

3. Spesifikasi Perangkat Lebih Lengkap
Laptop sendiri juga sudah dilengkapi perangkat tambahan seperti kamera, speaker dan Wifi. Maka kita tidak perlu menggunakan modem USB untuk berselancar di internet.

Tapi jangan lupa, Laptop juga memiliki kekurangan, yaitu :

1. Lebih Cepat Terasa Panas
Bukan berarti Laptop tidak memiliki pendingin. Namun ada satu kipas Exhaust yang bertugas untuk mengeluarkan udara panas. Tapi dengan desainnya yang terbatas, tentu membuat Laptop hanya dapat bekerja secara terbatas pula.

2. Kinerjanya Kurang Maksimal Dibandingkan Komputer
Kenapa bisa demikian..? Tentunya desain komponen yang lebih kecil dan juga kepadatan komponen Laptop, akan membuat sirkulasi udara di dalamnya tidak bisa mengalir lebih stabil seperti Komputer. Hal itu membuat Laptop cepat mengalami peningkatan temperatur, serta juga kinerja menjadi lambat.

3. Kemungkinan Mengganti Hardware Sangat Tipis
Pengecilan seluruh komponen pada Laptop, memang menjadi salah satu inti dari desain yang ditentukan. Semua itu akan menjadikan beberapa bagian Hardware yang tertanam mampu mengirit ruangan, serta menjadikan desain lebih super slim / mini.

Nah, dari artikel di atas tentunya kita sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik Laptop maupun Komputer PC. Jika ingin menentukan mana yang lebih bagus, itu semua tergantung pada kebutuhan Anda sendiri. 
Ditulis Oleh : Arbamedia  /  Adi. K

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel