6 Penyebab Tak Terduga Rusaknya Hard Disk Anda

Gambar: keywordsuggest
Sudah menjadi risiko nyata bahwa komputer atau laptop yang seringkali mengalami kerusakan pada Hard Disk  Drive ( HDD ), akan mengakibatkan kelambatan dalam memproses suatu data. Hard Disk  merupakan salah satu hardware di dalam komputer, bertugas sebagai ruang penyimpan data dari seluruh file yang kita miliki. Beberapa penyebab masalah komputer, baik itu dari segi software maupun hardware, sebenarnya masih bisa diminimalisir dengan menjaga kenyamanan akan penggunaan laptop itu sendiri. Tentunya kalau kita tidak bisa merawat hardware komputer dengan baik, disini kerap jadi penyebab hardware tersebut rusak tanpa kita sadari. Kenapa bisa begitu..? Misalnya saja banyak sekali tanda-tanda / penyebab Hard Disk  sudah mulai bermasalah –seperti komputer mulai lambat bekerja, sering macet / eror dan masih banyak lagi.

Dari beberapa kasus yang sering dialami oleh beberapa teknisi komputer, bahwa masalah yang sering muncul pada Hard Disk  adalah Bad Sector. Secara umum Platters atau piringan dalam Hard Disk  sudah dirancang berdasarkan kapasitas, berupa titik sector tersusun rapi. Jadi sector itu sendiri sangat berpengaruh besar dalam penyimpanan sinyal data yang ditransfer dari Head. Oleh karena itu,  Kalau sector pada Hard Disk  rusak atau istilahnya Bad Sector, sudah pasti data yang tersimpan tepat pada sector itu menjadi bermasalah.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab Hard Disk  mengalami Bad Sector, bahkan tanpa disadari hal itu sering kita lakukan setiap waktu :

1. Penggunaan Laptop Tanpa Baterai
Banyak orang menyalakan laptop tanpa menggunakan baterai. Hal tersebut bukan malah membuat baterai laptop menjadi awet, sebaliknya laptop akan lebih berisiko terkena Bad Sector karena tegangan voltasenya kurang stabil. Sebenarnya fungsi dari baterai sendiri selain untuk menyimpan tegangan, mereka juga bertugas sebagai stabilizer utama pada laptop. Salah satu kegunaannya menjaga tegangan ketika masuk ke HardDisk , sehingga Hard Disk  mendapatkan current voltase titik aman.

2. Daya Listrik Tidak Stabil
Daya listrik yang tidak stabil ternyata juga memengaruhi sistem keamanan komputer. Pada dasarnya komputer juga memerlukan daya konsumsi listrik cukup besar untuk disuplai ke seluruh bagian hardware. Namun apa yang terjadi jika daya listrik di rumah kita tidak stabil..? Kalau daya listrik di rumah tidak stabil atau tidak bisa mencapai ambang batas aman konsumsi PC, maka semua komponen hardware dalam komputer itu akan mengalami kekurangan daya, hingga tidak dapat bekerja secara maksimal. Begitu pula dengan Hard Disk yang akan berpotensi mengalami Bad Sector.

3. Terlalu Banyak mem-Partisi Hard Disk 
Terlalu banyak membangun partisi pada Hard Disk , sebenarnya juga sangat berpengaruh besar pada jarum head yang akan membaca platters Hard Disk. Dengan adanya banyaknya partisi hardisk, otomatis jarum head yang membaca platters tidak bisa stabil –bahkan akan terus bergerak ke arah partisi yang dituju. Jika terlalu lama dibiarkan, maka head pada Hard Disk  bisa menggores permukaan platters, selanjutnya mengakibatkan Bad Sector secara perlahan.

4. Mematikan Komputer dengan Paksa
Mematikan komputer pada saat masih menjalankan program, juga menjadi faktor utama penyebab kerusakan pada Hard Disk. Karena pada saat komputer melakukan proses baca-tulis yang dikerjakan oleh head ke platters Hard Disk, saat itu juga head akan berjalan bolak-balik dengan kecepatan maksimal. Jika proses tersebut berlangsung dan kita mematikan paksa komputer, maka kemungkinan besar head akan mengalami hentakan dan mengembalikan posisi head ke titik awal pada saat mati. Akibat dari proses hentakan tersebut, bisa saja head akan menggores permukaan platters -yang dapat mengakibatkan Bad Sector.
Gambar: macrepairmumbai
5. Meletakkan ‘’ Benda Menggandung Logam ’’ di atas Hard Disk 
Dalam Hard Disk terdapat sebuah Aktuator, berfungsi sebagai pengontrol jarum head untuk mengantarkan sinyal dari data ke platters. Aktuator drive terdiri dari kumparan kawat tembaga dan juga magnet di bagian atas maupun bawah. Magnet yang dimiliki Aktuator drive ini memiliki daya tarik cukup tinggi. Sehingga jika menaruh benda yang bersifat logam, secara otomatis kinerja Aktuator tersebut dapat terganggu, hingga menyebabkan transfer data Hard Disk  menjadi lemah.

6. Karena Getaran / Guncangan
Hard Disk menjadi ruang penting dalam pengoperasian hardware komputer. Terbuatnya permukaan Hard Disk dari stainless ini sangat rentan rusak terhadap guncangan karena jatuh, tersenggol, maupun terdapatnya getaran keras lainnya. Akibatnya, ruangan pada Hard Disk  pun dapat berubah bentuk ( mengalami kerusakan ). Tak hanya itu, akibat guncangan terlalu keras juga dapat berpotensi head di dalamnya mengalami benturan ke platters, baik pada saat Hard Disk  menyala atau mati. Pada akhirnya akan menyebabkan Bad Sector.

Dari keterangan di atas, tentunya kita sangat dianjurkan untuk berhati-hati saat membawa perangkat keras satu ini, baik berupa Hard Disk  eksternal atau HardDisk  komputer ( internal ). Karena keduanya sama - sama memiliki kelemahan, meski dengan desain yang berbeda-beda.
Ditulis Oleh: Arbamedia  /  Adi. K

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel