11 Macam Software Dasar Komputer yang Harus Kamu Pasang

Gambar: cirrusresearch

Software merupakan perangkat lunak yang dapat dioperasikan oleh pengguna, berbeda halnya dengan perangkat keras. Secara umum perangkat keras disebut – sebut sebagai komponen komputer yang dapat disentuh atau dilihat. Sedangkan software hanya bisa dilihat tetapi tidak bisa disentuh. Software sendiri meliputi sekumpulan data elektronik tersusun rapi dari Kernel dan beberapa script -yang kemudian menjadi sebuah aplikasi untuk dijalankan pada system operasi (OS).  Terdapat banyak aplikasi Windows beredar secara gratis di media online, namun sebenarnya kita tidak harus memiliki semuanya. Karena selain membuat komputer kita menjadi lelet / lambat, terlalu banyak memasang aplikasi yang tidak memiliki lisensi dari Microsoft, bisa saja akan berdampak bahaya bagi data pada laptop.

Berkembangnya aplikasi begitu pesat, membuat beberapa programer berbagai wilayah bersaing keras untuk mengembangkan berbagai software -bertujuan agar mampu mendapatkan kinerja lebih baik. Hal tersebut juga berpengaruh besar terhadap kemajuan sistem operasi yang semakin banyak digunakan di pasaran. Dari sekian banyak aplikasi yang ada, hanya ada beberapa software saja yang harus kita miliki untuk digunakan pada perangkat komputer.

1. WinRAR
Winrar menjadi sebuah aplikasi mungil -berfungsi untuk mengelompokkan sebuah data dari beberapa data menjadi satu tempat di dalam folder dengan format .rar. Manfaat lain software berupa Winrar ini untuk memperkecil ukuran sebuah file hingga 30 persen. Selain itu, file terbungkus RAR tersebut juga lebih aman dari ancaman virus.
  
2. Antivirus
Adanya Antivirus dalam komputer akan beraktivitas menjaga dari ancaman virus, baik virus berasal dari drive maupun dari media online. Pada media online tersedia paling tidak 10 jenis antivirus berbayar maupun gratis. Tentu dengan memasang program antivirus pada komputer, maka file didalamnya akan terjaga dari serangan virus yang dapat merusak atau mencuri data penting.

3. Microsoft Office 
Microsoft Office tergolong dalam jenis software kantor -beroperasi sebagai pengolahan kata. Microsoft Office cukup menjadi software terpenting yang harus dipasang pada sistem operasi Windows, guna mengerjakan berbagai jenis pekerjaan yang berhubungan dengan perhitungan, pengolahan kata, maupun presentasi. Software berbayar ini dapat dibeli di toko perlengkapan komputer / media online. Macam - macam software yang terdapat dalam Ms Office ini antara lain Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access, serta Microsoft Outlook untuk mengakses email.

4. Nero
Pada laptop maupun Komputer berperangkat CD-Rom, aplikasi demikian juga tak kalah menarik untuk kita terapkan pada sistem operasi. Kenapa..? Karena tanpa adanya aplikasi Nero, kita tidak bisa membakar sebuah file untuk dimasukkan dalam CD. Selain itu fungsi Nero sendiri juga dapat kita gunakan untuk mengelompokkan dari beberapa file, sehingga dapat dijadikan satu dalam bentuk .ISO. Jadi, keberadaan File tersebut tidak dapat diakses sembarangan dan lebih aman dari serangan virus maupun Malware.

5. Daemon Tools
Sofware memiliki ikon seperti gambaran aliran listrik ini, ternyata juga bermanfaat untuk kita yang membutuhkannya. Siapa tak kenal “ Daemon tools ”, sebuah aplikasi dasar yang dapat digunakan untuk membuka file ber-extensi NRG dan ISO. Contohnya saja kita gunakan software itu untuk membuka aplikasi Driver Pack Solution atau DRP. Dimana DRP sendiri termasuk sebuah aplikasi yang memiliki berbagai jenis driver didalamnya -berguna untuk menginstal driver pada semua laptop / komputer.

6. Chrome
Google Chrome seringkali digunakan pada laptop. Software populer tersebut termasuk jenis aplikasi dasar untuk menjelajahi dunia internet. Sebenarnya ada aplikasi bawaan dari sistem operasi Windows, yaitu Internet Explorer. Karena keterbatasan untuk menggunakan Internet Explorer, maka beberapa orang lebih memilih Google Chrome sebagai peramban internet standar. Selain memiliki kecepatan akses tinggi, software satu ini telah dikeluarkan Google secara gratis. 

7. Corel DRAW
CorelDRAW adalah sebuah software khusus untuk mendesain sebuah grafik. Acap kali CorelDRAW dipakai sebagai desainer periklanan, seperti banner, logo atau undangan. Tidak ada salahnya Anda memasangnya pada laptop, karena aplikasi berbayar ini memiliki beberapa kelebihan dari aplikasi lainnya. Software buat penggemar desain ini memiliki hasil gambar berbasis vektor.

8. Photoshop
Tak kalah penting dengan software yang lain. Adobe Photoshop juga sangat disukai oleh para editor foto atau photografer.  Keberadaannya pun menjadi penting untuk digunakan pada laptop, karena Software tersebut memiliki kelebihan untuk mengedit foto atau gambar lain, memiliki persamaan dengan Corel, namun Photoshop hanya direkomendasikan mengedit foto bukan grafik.

9. VLC Media Player
Bagi kalian yang suka menonton film atau hanya sekadar mendengarkan sebuah musik, sepertinya aplikasi ini sangat disarankan untuk dipasang. Karena VLC menyediakan berbagai jenis fitur yang mampu memutar berbagai jenis extension film seperti mkv, avi, mpeg, vob, wmv, mp3 bahkan mp4. Selain itu, mereka juga ringan untuk dijalankan, kemudian memiliki berbagai jenis tools -khususnya untuk mengatur sebuah media visual dan file audio.

10. Adobe Reader
Adobe Reader merupakan semacam sofware berkeluarga dekat dengan Adobe. Mereka dapat kita gunakan untuk membuka file dokumen ber-Extensi .PDF. Bagi kalian yang suka membaca buku atau tutorial berasal dari media online, maka gunakanlah aplikasi ini untuk membukanya. Karena selain mudah untuk dioperasikan, Adobe Reader pun dipublikasikan secara gratis.

11. CyberLink YouCam
Cyberlink YouCam berguna untuk menjalankan kamera pada laptop kita. Pada setiap laptop pasti sudah dilengkapi dengan Webcam atau Camera menghadap ke penggunanya. Tak lain fungsi dari kamera tersebut adalah untuk memudahkan kita berkomunikasi dengan fasilitas video call. Selain itu kita juga dapat menggunakan kamera itu untuk berselfie –layaknya smartphone dengan memasang beberapa aplikasi offline, seperti CyberLink YouCam atau Webcam Camera. Itulah beberapa macam software dasar komputer yang wajib ada pada komputer / laptop Anda.
Ditulis Oleh: Arbamedia  /  Adi. K

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel