Cara Jitu Agar Komputer Kamu Aman dari Serangan Virus

Gambar: laptopmag
Banyak orang yang memiliki keinginan untuk menjaga agar komputer mereka tetap aman dari serangan virus dan malware. Virus merupakan salah satu musuh yang pasti pernah muncul dan memerangi laptop yang kita gunakan. Virus memang sangat sulit untuk kita tebak, karena program tersebut merupakan sebuah program penyusup serta memiliki dampak buruk. Pastinya akan berbahaya jika kita kurang teliti saat mengoperasikan komputer, atau membuka sebuah File yang tidak dikenal. 

Salah satu perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, dikenal lebih sensitif terhadap serangan virus. Belakangan ini telah banyak diungkapkan dari pengembang malware sendiri, bahwa sistem operasi tersebut  memang lebih mudah diserang oleh virus buatan, yang bertujuan untuk mencuri / merusak data. Karena hal tersebut, pengguna komputer berbasis Windows  di seluruh dunia menjadi khawatir. Namun dengan sistem keamanan yang ada, kini Microsoft telah mengeluarkan Windows  10 premium yang sudah dijamin oleh pihak Microsoft, karena memiliki sistem keamanan yang diakuinya. 

Lalu bagaimana dengan kita yang menggunakan versi lama ? Microsoft tentu masih memberi harapan bagi kita yang ingin memiliki keamanan Windows lebih terjamin. Hal tersebut dapat kita peroleh dengan menerapkan berbagai cara di bawah ini :

1. Gunakan Versi Original
Menggunakan Windows yang asli Genuine, memang sangat disarankan oleh Microsoft guna keamanan pengguna itu sendiri. Microsoft telah menyediakan berbagai dukungan yang menarik untuk kita yang menggunakan Sistem Operasi (OS) original. Tak hanya itu, sistem keamanan yang dapat kita update saat menggunakan OS original juga akan memenuhi syarat, yang pasti juga sangat aman untuk komputer kita.

2. Aktifkan Menu Firewall
Bagi Anda yang sama sekali belum memasang antivirus pada komputer, sangat disarankan untuk mengaktifkan Windows Firewall, yang berguna untuk mencegah masuknya virus dan Malware ke dalam sistem operasi. Apalagi saat kita sedang terhubung ke internet, maka ada peluang mudah bagi virus untuk menerobos sistem, karena komputer tidak memiliki sistem keamanan yang dipercaya.

3. Update Browser
Ternyata meng-update browser itu memiliki banyak manfaat loh!. Hal sepele yang tidak banyak dilakukan orang ini, juga sangat berpengaruh terhadap jalan masuknya virus dari internet ke dalam komputer kita. Dari pihak pengembang browser, pastinya sudah memperhitungkan sistem keamanan yang dimilikinya. Maka lebih baik secara berkala meng-update versi browser yang kita gunakan demi keamanan layanan tersebut.

4. Hindari Membuka Situs Aneh
Sebagian besar dari kita banyak menyepelekan hal ini bukan..? Situs aneh atau situs yang sudah diblokir Kominfo, kebanyakan dari mereka memiliki pop-up dan iklan dalam jumlah tak beraturan. Sehingga keadaan tersebut cukup mengganggu kinerja komputer. Sebagai contoh yaitu situs berbau SARA maupun iklan-iklan yang melanggar undang-undang negara.

5. Selalu Gunakan Antivirus Terbaik
Berbagai jenis antivirus yang tersedia di pasaran pasti sudah menyediakan fitur canggih. Namun itu semua disesuaikan dengan spesifikasi program antivirus tersebut, sehingga akan dapat berjalan dengan baik berdasarkan Hardware tertentu. Itulah sebabnya kita harus lebih pintar memilih program antivirus yang lebih baik, sehingga mereka dapat bekerja dengan efisien –terutama untuk mengamankan komputer dari serangan virus.
Oleh : Adi. K  /  Arbamedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel