Cara Mengembalikan File yang Hilang Karena Virus

Gambar: imperva
Jika di dalam flashdisk kita terdapat ratusan File bahkan ribuan data penting yang masih berlaku, pasti akan kita jaga dengan sangat berhati-hati agar tetap aman. Lalu bagaimana kalau pada saat flashdisk tersebut kita colokkan ke komputer orang lain yang ternyata komputer tersebut mengandung virus, hingga dapat menghidden data pribadi kita ? Tentu pusing bukan jika terjadi masalah seperti ini..?

Sebenarnya masalah serupa tersebut memiliki banyak tips dan cara untuk mengatasinya. Sehingga tidak salah kalau kita mencoba cara tersebut untuk diterapkan satu persatu. Namun tiap – tiap cara yang berbeda pasti memiliki kelebihan dan keamanan masing-masing. Agar lebih mudah dan aman dalam mengembalikan File yang terhidden karena virus, maka cobalah cara berikut Ini.

Langkah pertama pastikan laptop kita terinstal avast antivirus sebagai alat untuk menghapus virus yang ada, dan program Smadav yang nantinya akan digunakan untuk mengembalikan File terhidden.

1. Lakukan Pemindaian Menggunakan Avast
Pemindaian atau melakukan pemeriksaan terhadap flasdisk yang terinfeksi virus memang sangat penting dan menjadi hal wajib untuk kita lakukan. Pasalnya jika flashdisk mengandung jenis virus lain misalnya, maka demikian sangat membahayakan komputer. Karena virus di flashdisk sanggup masuk ke dalam komputer.


2. Lakukan Scan Menggunakan Smadav
Jika kita sudah selesai melakukan pemeriksaan menggunakan avast dengan tujuan menghapus virus, Langkah berikutnya yakni memeriksa flashdisk menggunakan Smadav.  Langkah demikian memang dapat dikatakan rumit untuk mengembalikan File yang terhidden, tapi lebih aman karena menggunakan dan memanfaatkan tolls yang terdapat di dalam antivirus, serta sudah dipertimbangkan sistem keamanannya oleh pengembang antivirus.

3. Pilih Unhide untuk Mengembalikan File yang Terhidden
Setelah selesai melakukan scan flasdisk menggunakan aplikasi Smadav, Selanjutnya memilih satu menu khusus yang dihadirkan dalam aplikasi smadav yaitu Unhide. Yang mana berfungsi untuk mengembalikan data kita yang sedang terhidden akibat dari ulah virus yang tak jelas itu. 
Ditulis Oleh : Adi. K / Arbamedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel