8 Dampak Buruk Ketergantungan Terhadap Teknologi

Kemajuan teknologi ternyata juga mempunyai risiko yang sebanding dengan manfaatnya, seperti maraknya penipuan di media online maupun pada perangkat multimedia. Hal tersebut sering kita jumpai pada saat kita melakukan jual beli online. Tak hanya itu, efek dari banyaknya teknologi terbaru ternyata juga dapat berdampak buruk pada kesehatan dan kecerdasan otak kita. Salah satunya adanya sinyal radio yang memiliki radiasi tingkat tinggi, dan mampu membahayakan diri kita. 

Dari situ bahayanya akan sangat berpengaruh sekali mengenai cara kita dalam mengerjakan rutinitas harian. Lebih parahnya, bagaimana jika keberadaan radiasi tersebut akan menurunkan, bahkan melemahkan tingkat kinerja kreativitas?. Di bawah ini merupakan beberapa efek, dan dampak buruk bagi kita kalau sampai menggunakan perangkat baru yang terlalu berlebihan.

1. Mengganggu Kemampuan Otak dalam Berhitung
Setiap manusia pasti memiliki kemampuan untuk berhitung. Salah satu pelajaran matematika yang diajarkan dari kecil hingga sekarang, bermanfaat untuk mengasah otak agar kinerjanya lebih tangkas dalam membantu pekerjaan. Jika pada jaman sekarang kita banyak memanfaatkan perkembangan aplikasi seperti kalkulator, Lantas bagaimana dengan kemampuan kita dalam berhitung manual yang pernah dipelajari selama ini…? Sebab itu, selain kalkulator menjadi teknologi canggih untuk membantu menghitung jumlah tertentu, maka luangkan juga waktu untuk menghitung manual, agar otak kita selalu terasah.  

2. Berkurangnya Gerak Tubuh
Perkembangan teknologi sekarang sudah semakin banyak dimana-mana. Seperti kendaraan yang canggih dilengkapi dengan sistem digital –yang mengikat daya tarik bagi kita. Sebelum ada perkembangan teknologi masa kini, banyak orang beraktivitas dengan berjalan kaki. Berdasarkan penelitian, seorang ilmuwan menunjukkan berjalan kaki setiap hari akan menyehatkan tubuh. Namun bagaimana dampaknya jika setiap orang terus-menerus dimanjakan dengan sistem kendaraan canggih..? Apakah kalian tega membiarkan tubuh kurang memiliki gerakan yang cukup.

3. Lemahnya Mengingat Nomor Telepon
Dampak buruk keberadaan teknologi akan mampu merusak kemampuan kita dalam mengingat nomor telepon. Bagaimana bisa..?  Saking seringnya kita dibiasakan menyimpan nomor telepon, secara otomatis akan melemahkan menghafal nomor telepon secara langsung. Hal itu tentu akan memudarkan ingatan. Boleh – boleh saja nomor telepon disimpan di ponsel, namun suatu hal bisa saja terjadi jika tak dapat menggunakan ponsel di saat darurat. Maka ajarkanlah juga anak kita untuk menghafal nomor telepon karena sangat bermanfaat bagi mereka, jikalau nantinya akan mengalami kesulitan untuk melihatnya langsung pada gadget.

4. Kreativitas atau Ide yang Semakin menurun
Contohnya : Pada jaman dulu orang menyalakan api hanya dengan kayu yang digosokkan ke permukaan kayu lainnya. Hal tersebut memang primitif jika dilakukan. Nah, bagi kalian yang pernah ikut kegiatan sekolah out door seperti perkemahan / pramuka, cara ini dulu banyak digunakan di setiap sekolah. Namun sekarang tidak lagi, karena perkembangan alat yang modern saat ini, hal tersebut sudah tidak lagi digunakan. 

5. Mengganggu Keterampilan Tulis Menulis dengan Pena
Sebenarnya banyak sekali manfaat menulis untuk diri kita. Semisal : Menulis sejarah secara manual, secara tidak langsung otak kita juga melakukan perekaman pada teks yang kita tulis. Sehingga akan lebih mudah dalam mengingat teks sejarah tersebut. Namun kalau Si kecil terus menerus mengandalkan alat multimedia seperti kamera untuk memfoto langsung sebuah tulisan, apakah demikian tidak akan merusak daya keterampilan otak mereka..?

6. Merenggangkan Hubungan Secara Langsung
Hidup akan merasa lebih bahagia jika pada saat lebaran tiba, tentunya semua orang berharap untuk bertemu langsung dengan kerabat jauh. Namun adanya teknologi terbaru, kini membuat semua orang jadi bermalas-malasan untuk melakukannya, karena sudah dimanjakan oleh aplikasi video call. Memang secara garis besar, video call dapat membantu kita yang memiliki saudara atau teman yang lokasinya jauh. Tapi hal ini bukan berarti harus melupakan budaya saling berkunjung langsung.

7. Mengganggu Komunikasi dengan Orang Lain
Pasti setiap orang pernah berkomunikasi dengan orang lain, namun pada saat itu orang yang kita ajak komunikasi lebih mementingkan gadget yang dipegangnya. Tentunya kita merasa kesal bukan..? Hal tersebut belum tentu karena kesibukan, namun beberapa menu pada smartphone sangat menggiurkan bagi kita, seperti permainan, sehingga sering kali dibuat lupa waktu.

8. Gagal Berkonsentrasi
Banyak risiko yang menanti mengenai dampak negatif bermain gadget setiap hari. Maka perhatikan waktu yang tepat untuk menggunakan gadget, supaya kebiasaan tersebut dapat meminimalisir risiko dari kekurangan berkonsentrasi. Memang benar adanya bahwa bermain gadget terlalu berlebihan, akan mampu memengaruhi tingkat konsentrasi dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.
Ditulis : Adi. K  /  Arbamedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel